KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (D-TAI) TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK

Penulis

  • Riski Rusmalinda Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Aziz Syaifudin

Kata Kunci:

keterampilan abad 21, model pembelajaran discovery learning dengan team assisted individualization (D-TAI), keterampilan kolaborasi, keterampilan abad 21,

Abstrak

Penelitian ini dilandasakn atas adanya permasalahan yang berupa masih rendahnya keterampilan kolaborasi peserta didik dalam pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan permasalahn tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dengan Team Assisted Individualization (D-TAI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran D-TAI terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik. Jenis penelitian adalah quasy eksperiment dengan desain pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik di SMAN 2 Metro kelas X. Sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 1 dan kelas X IPA 6. Sampel diambil menggunakan tehnik clustered random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah lembar self assesment dan peer assesment. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sampel t-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran D-TAI efektif terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikan (p<0,05) yang artinya terdapat perbedaan signifikan.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Rusmalinda, R., & Syaifudin, A. (2022). KEEFEKTIFAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (D-TAI) TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK. Al-Ikmal: Jurnal Pendidikan , 1(1), 59–76. Diambil dari https://journal.iaidalampung.ac.id/index.php/al-ikmal/article/view/26