Efektivitas Metode Resitasi Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Baharudin Arif STIS Darusy Syafaah Lampung Tengah
  • Ahmad Zaid Hasanudin STIS Darusy Syafaah Lampung Tengah

DOI:

https://doi.org/10.47902/al-ikmal.v4i1.429

Keywords:

Metode Resitasi, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, pai, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi makna terkait definisi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode resitasi dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa SMP PGRI Kecamatan Batanghari Lampung Timur. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa masih rendah, terlihat dari kurangnya perhatian saat pembelajaran, rendahnya minat dalam mengerjakan tugas, serta kebiasaan menyalin pekerjaan teman. Kondisi ini berdampak pada hasil belajar yang kurang optimal dan berkurangnya sikap aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data berupa kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode resitasi diterapkan guru dengan memberikan tugas yang terstruktur, pengawasan dalam pengerjaan, dan pemberian umpan balik untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa. Selain itu, guru juga memberikan motivasi serta penjelasan mengenai manfaat materi yang dipelajari agar siswa merasa terlibat secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pelajaran, lebih berdisiplin dalam mengerjakan tugas, serta memiliki kemauan untuk belajar baik di dalam maupun di luar kelas. Dengan demikian, metode resitasi efektif diterapkan sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI di SMP PGRI Kecamatan Batanghari.

References

Zuhairini dan Slamet, Pendidikan Agama dalam Keluarga dan Sekolah (Jakarta: Bumi Aksara, 2014), hlm. 23.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2013), hlm. 2.

Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2013), hlm. 85.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2013), hlm. 2.

Sardiman A.M, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: Rajawali Pers, 2011), hlm. 75.

Zuhairini dan Slamet Yusuf, Metodologi Pengajaran Agama (Jakarta: Bumi Aksara, 2004), hlm. 12.

Syafiul Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2006), hlm. 86.

Masyhuri dan Zainuddin, Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif (Bandung: Refika Aditama, 2011), hlm. 20.

Surayya Muriatiningsih, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam (Lampung: Ta’lim Pers, 2012), hlm. 95

Moh. Nazir, Metode Penelitian (Bogor: Ghalia Indonesia, 2011), hlm. 54.

Sumarni Suryabrata, Metodologi Penelitian (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011), hlm. 6.

Suharsimi Arikunto, Metode Penelitian (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011), hlm. 91; Engin Anwar Syaefudin, Metode Penelitian (Bandung: Pustaka Setia, 2008), hlm. 93.

Moh. Nazir, Metode Penelitian, hlm. 193.

Sugiyono, Metode Penelitian, hlm. 317.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2017), hlm. 72.

Sardiman A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2018), hlm. 100.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar (Jakarta: Bumi Aksara, 2019), hlm. 194.

Sardiman A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2018), hlm. 146.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar (Jakarta: Bumi Aksara, 2019), hlm. 194.

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016), hlm. 87.

Sardiman A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2018), hlm. 83.

Hamzah B. Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya (Jakarta: Bumi Aksara, 2019), hlm. 112.

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2017), hlm. 97.

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016), hlm. 89.

Sardiman A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2018), hlm. 92.

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016), hlm. 103.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Baharudin Arif, & Ahmad Zaid Hasanudin. (2025). Efektivitas Metode Resitasi Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Ikmal: Jurnal Pendidikan, 4(1), 54–62. https://doi.org/10.47902/al-ikmal.v4i1.429