Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Motivasi Orang Tua Terhadap Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Siswa Madrasah Aliyah Swasta Lampung Timur
DOI:
https://doi.org/10.47902/al-ikmal.v3i2.425Keywords:
Lingkungan Sekolah, Motivasi Orang Tua, Minat SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi orang tua terhadap minat siswa dalam melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah di Lampung Timur. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh butir instrumen layak digunakan. Analisis data dilakukan dengan uji t dan uji F menggunakan bantuan program SPSS. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel lingkungan sekolah dan motivasi orang tua masing-masing berpengaruh signifikan terhadap minat siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 dan 0,007 (< 0,05). Uji F menunjukkan bahwa kedua variabel secara simultan berpengaruh terhadap minat siswa dengan nilai F hitung 28,282 lebih besar dari F tabel 3,05. Sementara itu, hasil uji determinasi menunjukkan bahwa lingkungan sekolah memberikan pengaruh sebesar 23%, motivasi orang tua sebesar 12%, dan secara bersama-sama berkontribusi sebesar 26,5% terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa kualitas lingkungan sekolah yang kondusif dan dukungan orang tua yang kuat berperan penting dalam menumbuhkan motivasi serta minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
References
Adiwiyanto, Eko & Ratna Wulan Ningrum. Pengaruh Motivasi Belajar, Motivasi Orang Tua, dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Akademik. Yogyakarta: tidak disebutkan, 2019.
Adnin, Indra Jannatul & Z. Mawardi. Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Minat Siswa. Jurnal Eco Gen Vol. 4, No. 1 (2021).
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Arinditia, Shilvia. Hubungan Antara Motivasi Orang Tua dengan Minat Anak Masuk Perguruan Tinggi. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan, 2017.
Badan Pusat Statistik (BPS). Statistik Pendidikan Indonesia 2022. Jakarta: BPS, 2022.
Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group, 2005.
Darmaningtyas. Pendidikan untuk Rakyat. Yogyakarta: INSIST Press, 2004.
Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Farmesa, Yogi dkk. Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi. Jurnal Pendidikan Geografi Vol. 2, No. 2 (2017).
Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Purwanto. Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2012.
Tilaar, H.A.R. Pendidikan dalam Pembangunan Nasional. Jakarta: Grasindo, 2000.
UNESCO. Global Education Monitoring Report 2021/2022. Paris: UNESCO, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Zaid Hasanudin, Baharudin Arif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.