Manajemen Kurikulum Dalam Pendidikan Kontemporer: Sebuah Kajian Teoritis

Authors

  • Dedi Lazwardi Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Joni Kawijaya Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Jimmy Cromico Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/al-ikmal.v4i1.372

Keywords:

Manajemen Kurikulum, Implementasi Kurikulum

Abstract

Manajemen kurikulum merupakan elemen strategis dalam sistem pendidikan yang menentukan arah, isi, dan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan. Kurikulum bukan hanya seperangkat dokumen, melainkan refleksi dari visi pendidikan yang harus diwujudkan secara sistematis dan terencana. Artikel ini menyajikan kajian teoritis mengenai konsep, prinsip dasar, pendekatan, serta tantangan dalam pengelolaan kurikulum, terutama dalam konteks pendidikan nasional. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan menelaah berbagai literatur akademik, kebijakan pendidikan, dan pemikiran ahli terkait manajemen kurikulum. Kajian ini menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi kurikulum sangat ditentukan oleh efektivitas manajemen yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi, yang dilakukan secara terpadu dan partisipatif. Di samping itu, masih ditemukan sejumlah kendala dalam praktik implementasi kurikulum, antara lain ketidaksesuaian antara desain kurikulum dan pelaksanaan di lapangan, keterbatasan sumber daya, serta lemahnya koordinasi antar pemangku kepentingan. Kajian ini merekomendasikan perlunya penguatan kapasitas manajerial pendidikan dan pengembangan model manajemen kurikulum yang kontekstual sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan secara menyeluruh.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Dedi Lazwardi, Joni Kawijaya, & Jimmy Cromico. (2025). Manajemen Kurikulum Dalam Pendidikan Kontemporer: Sebuah Kajian Teoritis. Al-Ikmal: Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.47902/al-ikmal.v4i1.372