Efektivitas Penerapan Strategi Prediction Guide Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Materi Biologi Sel Kelas XI IPA MA Darul Amal Metro
DOI:
https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.261Keywords:
Prediction Guide, Hasil BelajarAbstract
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian eksperimen dengan design
quasi experimental dengan bentuk one group pretest posttest design. Populasinya
seluruh siswa kelas XI IPA MA Darul Amal Metro berjumlah 129 sedangkan
sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA1 sebanyak 32 siswa. Instrumen
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa,
observasi kegiatan siswa sebelum penerapan dan sesudah penerapan strategi
Prediction Guide, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Melalui metode dan
analisis data tersebut, maka diperoleh hasil belajar siswa kelas XI IPA1 sebelum
diajar menggunakan strategi Prediction Guide skor rendah 37,03 dan hasil belajar
siswa kelas XI IPA1 setelah diajar dengan menggunakan strategi Prediction Guide
berada pada rata-rata skor tinggi 79,06. Pada penelitian ini didapatkan nilai t
hitung = 21,63 pada taraf signifikansi 5%: tt = 1,697 . Dengan demikian thitung
lebih besar dari pada ttabel; yaitu: 21,63 > 1,697. Ini berarti ada perbedaan yang
signifikan antara penggunaan strategi Prediction Guide terhadap peningkatan hasil
belajar biologi pada pokok bahasan sel siswa kelas XI IPA1 MA Darul Amal
Metro.