Dampak Penggunaan Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Kemampuan Siswa MTs Sunanul Huda Natar Dalam Memecahkan Masalah Matematika
DOI:
https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.179Keywords:
Pembelajaran, Discovery Learning, Pemecahan Masalah MatematisAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Sunanul Huda Natar tahun pelajaran 2022/2023. Desain penelitian ini adalah postest only control group design dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan instrumen berbentuk essay pada materi sistem persamaan linier dua variabel . Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Downloads
Published
2023-06-23
How to Cite
Darul A’mal Lampung, I. A. I., Faridatun Sholikhah, F., Kurnia, I., Maysaroh, S., & Veniati, V. (2023). Dampak Penggunaan Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Kemampuan Siswa MTs Sunanul Huda Natar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. BIOFISMA: Jurnal Riset Pendidikan, 2(3), 182–217. https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.179
Issue
Section
Artikel