Hubungan Kemampuan Literasi Matematis Dengan Kebiasaan Berpikir Matematis Siswa Kelas VIII Mts Negeri Batanghari Lampung Timur
DOI:
https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v1i1.171Keywords:
kemampuan literasi, literasi matematis, kebiasaan berpikir, berpikir matematisAbstract
Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan individu dalam merumuskan, menerapkan, menafsirkan, memecahkan masalah, menalar secara logis, mengkomunikasikan, dan menjelaskan matematika dalam pemecahan masalah sehari-hari dan berbagi konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa, mendeskripsikan kebiasaan berpikir matematis siswa, dan mengetahui hubungan kemampuan literasi matematis siswa dengan kebiasaan berpikir matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N Batanghari Lampung Timur dengan sampel berjumlah 110 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan angket. Hasil penelitian diperoleh koefisien determinasi sebesar 54,1 %. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan kemampuan literasi matematis siswa dengan kebiasaan berpikir matematis.