Dampak Penggunaan Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Kemampuan Siswa MTs Sunanul Huda Natar Dalam Memecahkan Masalah Matematika
DOI:
https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.179Kata Kunci:
Pembelajaran, Discovery Learning, Pemecahan Masalah MatematisAbstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Sunanul Huda Natar tahun pelajaran 2022/2023. Desain penelitian ini adalah postest only control group design dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan instrumen berbentuk essay pada materi sistem persamaan linier dua variabel . Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Unduhan
Diterbitkan
2023-06-23
Cara Mengutip
Rosmaya, R., Faridatun Sholikhah, F., Kurnia, I., Maysaroh, S., & Veniati, V. (2023). Dampak Penggunaan Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Kemampuan Siswa MTs Sunanul Huda Natar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. BIOFISMA: Jurnal Riset Pendidikan, 2(3), 182–217. https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.179
Terbitan
Bagian
Artikel