Pelatihan Metode Project Based Learning Bioteknologi Pada Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Sekampung
DOI:
https://doi.org/10.47902/member.v2i3.289Kata Kunci:
project based learning, berpikir kritis, kolaborasiAbstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi pada materi bioteknologi di kelas XII SMA N 1 Sekampung. Populasi pelatiahan ini yaitu seluruh kelas XII MIPA yaitu sebanyak 127 orang peserta didik. Dengan teknik pengambilan sampling yaitu purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 64 orang. Instrumen terdiri dari instrument tes dan instrument non tes. Tes berupa 16 butir soal uraian untuk mengukur keterampilan berpikir kritis. Non tes berupa 24 butir pernyataan dalam bentuk angket untuk mengukur keterampilan kolaborasi. Teknik analisis data menggunakan uji ANAVA. Hasil pengabdian ini menunjukkan adanya pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi ditunjukan dengan nilai signifikasi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,00. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi bioteknologi di kelas XII MIPA SMAN 1 Sekampung semester genap tahun ajaran 2022/2023.