Pelatihan Metode Project Based Learning Bioteknologi Pada Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Sekampung

Penulis

  • Riski Rusmalinda Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Nela Dewi Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Ulin Nuha Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Nuha Tsaqofiah Hikmah Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/member.v2i3.289

Kata Kunci:

project based learning, berpikir kritis, kolaborasi

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi pada materi bioteknologi di kelas XII SMA N 1 Sekampung. Populasi pelatiahan ini yaitu seluruh kelas XII MIPA yaitu sebanyak 127 orang peserta didik. Dengan teknik pengambilan sampling yaitu purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 64 orang. Instrumen terdiri dari instrument tes dan instrument non tes. Tes berupa 16 butir soal uraian untuk mengukur keterampilan berpikir kritis. Non tes berupa 24 butir pernyataan dalam bentuk angket untuk mengukur keterampilan kolaborasi. Teknik analisis data menggunakan uji ANAVA. Hasil pengabdian  ini menunjukkan adanya pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi ditunjukan dengan nilai signifikasi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,00. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi peserta didik pada materi bioteknologi di kelas XII MIPA SMAN 1 Sekampung semester genap tahun ajaran 2022/2023.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-23

Cara Mengutip

Rusmalinda, R., Dewi, N., Nuha, U., & Tsaqofiah Hikmah, N. (2023). Pelatihan Metode Project Based Learning Bioteknologi Pada Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Sekampung. Member: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(3), 56–67. https://doi.org/10.47902/member.v2i3.289