Pendampingan Teknik Purposive Sampling Pada Mata Pelajaran Biologi Di Madrasah Aliyah Darul Amal Metro Lampung
DOI:
https://doi.org/10.47902/member.v2i3.285Kata Kunci:
Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar, Peserta DidikAbstrak
Pendampingan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi pendampingan ini adalah seluruh kelas XI MIPA MA Darul Amal Kota Metro Lampung tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 8 orang dan sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 63 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam pendampingan ini adalah kuesioner kecerdasan emosional yang diadaptasi dari The Schutte Self Report Emotional Intellegence Test (SSEIT) dengan jumlah 26 pernyataan yang terdiri dari tiga indikator yaitu penilaian dan ekspresi emosi, regulasi emosi, dan pemanfaatan emosi. Sedangkan data hasil belajar diukur pada aspek kognitif dengan menggunakan skor penilaian tengah semester yang diperoleh dari guru biologi kelas XI MIPA MA Darul Amal Kota Metro Lampung. Pendampingan ini menggunakan analisis data statistik uji korelasi bivariat pearson. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas XI MIPA MA Darul Amal Kota Metro Lampung tahun pelajaran 2022/2023 secara positif dan signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,632 yang hubungannya dalam kategori kuat.