Pelatihan Penerapan Program Remedial Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Metro Timur

Penulis

  • Aziz Syaifudin Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Nela Dewi Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Arif Faldo Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Rizki Nurdiansyah Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/member.v2i3.284

Kata Kunci:

Remidial, Biologi, SMA

Abstrak

Pembelajaran remedial dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik sehingga mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan. Pembelajaran remedial adalah belajar untuk menjadi baik terapeutik atau sembuh, dari kesulitan untuk menguasai kompetensi tertentu diharapkan dalam pembelajaran. Perbaikan pendidikan di Indonesia diatur oleh Departemen Pendidikan. Pelatihan ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan prosedur perbaikan, dilakukan guru biologi SMA Negeri 1 Metro Timur, Juknis berdasarkan dibuat oleh Departemen Pendidikan, 2010. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan teknik survei. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa, pelaksanaan perbaikan sangat tergantung pada kondisi masing-masing sekolah. Kondisi sekolah yang diamati dalam pelatihan ini dapat dikelompokkan menjadi tiga kelas, yaitu kelas A, B dan C. Pelaksanaan Prosedur perbaikan di SMA Negeri 1 Metro Timur, tidak sesuai dengan Departemen Pendidikan Nasional, tetapi hanya satu sekolah. Beberapa hal yang belum sesuai termasuk waktu pembelajaran, pertanyaan tes remedial tidak menguji setiap indikator yang tidak lengkap, tes remedial diberikan sebelum siswa mengikuti pembelajaran remedial, belajar kembali tidak menggunakan metode dan media yang berbeda.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-23

Cara Mengutip

Syaifudin, A., Dewi, N., Faldo, A., & Nurdiansyah, R. (2023). Pelatihan Penerapan Program Remedial Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Metro Timur. Member: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1–10. https://doi.org/10.47902/member.v2i3.284