Pelatihan Pembuatan Sebuah Konten Digital Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Bagi Guru SMA Negeri 5 Metro Utara
DOI:
https://doi.org/10.47902/member.v2i3.214Kata Kunci:
Pelatihan, Konten Digital, Pembelajaran DaringAbstrak
Pelatihan Pembuatan Konten Digital Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Daring Bagi Guru SMA Negeri 5 Metro Utara. Sekolah negeri yang berada di wilayah Kota Metro. Situasi pembelajaran daring menimbulkan tantangan dan permasalahan bagi guru dan siswa. Berdasarkan hasil identifikasi terdapat permasalahan yaitu tuntutan dan kebutuhan guru untuk meningkatkan keterampilannya dalam membuat media untuk mendukung pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, solusi yang telah diusulkan adalah dengan mengadakan pelatihan pembuatan bahan ajar multimedia. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosialisasi, pelatihan, refleksi diri, dan simulasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PKM ini adalah: (1) kesesuaian materi dengan yang diinginkan oleh guru SMAN Jelambar Baru 01, (2) mendapat respon positif dari guru dengan bukti kehadiran 100% dan kegiatan interaktif 67%, dan, (3) beberapa peserta memahami materi yang telah disampaikan dan yang ditandai dengan peningkatan penggunaan penggunaan power point 7%, Google Meet 7%, Props 40%, dan video snimation sebesar 25%.