Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Comunicative Language Teacing Di Pondok Pesantren Roudlotul Quran Kota Metro

Penulis

  • Intan Trine Chodija Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Taufik Rahman Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Rendi Irmawanto Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/member.v2i3.154

Kata Kunci:

Speaking English, Daily Routine, Conversation

Abstrak

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris melalui percakapan sehari-hari di Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an. Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, metode pengajaran yang digunakan dengan melibatkan interaksi langsung antara para santri diimplementasikan. Pelatihan dilaksanakan selama 2 minggu dan melibatkan partisipasi aktif dari seluruh santri. Metode yang digunakan termasuk sesi percakapan informal, latihan berbicara, simulasi peran, serta evaluasi dan umpan balik Dengan Menggunakan Metode Communicative language teacing Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan berbicara bahasa Inggris dan peningkatan kepercayaan diri santri dalam menggunakan bahasa Inggris. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan percakapan sehari-hari efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris di lingkungan pesantren. Disarankan untuk melanjutkan dan memperluas program ini serta untuk mengintegrasikan lebih lanjut pengajaran bahasa Inggris dengan kurikulum pendidikan pesantren.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-23

Cara Mengutip

Chodija, I. T., Rahman, T., & Irmawanto, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Comunicative Language Teacing Di Pondok Pesantren Roudlotul Quran Kota Metro. Member: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 2(3), 13–21. https://doi.org/10.47902/member.v2i3.154