Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Menggunakan Metode Sosiodrama Terhadap Kepedulian Sosial Siswa Kelas VII Di SMP Ma’arif 1 Metro
DOI:
https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v1i1.322Kata Kunci:
Bahan Ajar, problem solving, keterapilan berpikir kritisAbstrak
Penelitian Ini berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Solving untuk
Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dengan pokok permasalahan sebagai
berikut: (1) Bagaimana desain pengembangan bahan ajar berbasis problem solving pada
materi usaha dan energi. (2) Bagaimana kelayakan produk bahan ajar berbasis problem
solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini adalah
penelitian pengembangan. Menurut Gall, et all dalam penelitian R&D adalah metode
penelitian untuk mengembangkan produk atau menyempurnakan produk. Dari hasil
penelitian yang telah dilakukan, Desain bahan ajar berbasis Problem Solving untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi usaha dan energi mengacu pada
model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation),
namun peneliti tidak melakukan Implementation dan Evaluation karena adanya
keterbarasan waktu dan biaya. Berdasarkan penilaian dari para ahli, desain
pengembangan bahan ajar berbasis Problem Solving berada dalam kategori layak.
Kelayakan bahan ajar berbasis Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis pada materi usaha dan energi kelas X MA berdasarkan penilaian ahli
desain media menyatakan bahwa bahan ajar layak digunakan atau dapat digunakan
dengan revisi.