Analisis Tentang Hambatan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Online Di Kelas XI SMA Negeri 5 Metro
DOI:
https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.178Kata Kunci:
Pola Belajar, Motivasi Belajar, MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa pada pembelajaran daring di SMAN 3 Metro. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 3 Metro tahun ajaran 2022/2023 sebanyak siswa kelas XI IPA dengan jumlah populasi 68 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 53 siswa perempuan. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode survei yaitu dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui Google Form yang dikirimkan melalui pesan WhatsApp Group. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring dilaksanakan. Secara keseluruhan terdapat 50% yang merasa kesulitan dalam proses belajar mengajar daring, terdapat 48,53% siswa merasa kesulitan dalam kategori tinggi pada aspek jaringan dalam mengikuti proses belajar mengajar daring, terdapat 41, 18% siswa mendapatkan kesulitan dalam kategori tinggi ketika mengikuti proses belajar mengajar secara online, 45,59% siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan guru, 92,65% siswa mengalami kesulitan dalam hal sarana komunikasi baik dalam berupa laptop dan android, 80,88% siswa kesulitan berkomunikasi dengan guru, 32,35% siswa kesulitan berkomunikasi dengan teman, 45,59% siswa kesulitan berkomunikasi dengan orang tua untuk meminta bantuan dalam menyelesaikan tugas.