Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Scramble Pada Materi Himpunan Kelas VII MTs Marfa’atuddiniyah Al-Islamiyah
DOI:
https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.177Kata Kunci:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Sramble, Kemampuan KomunikasiAbstrak
Komunikasi matematis peserta didik kelas VII di Marfa’atuddiniyah Al-Islamiyah masih rendah. Rendahnya komunikasi matematis tersebut disebabkan guru masih menggunakan model konvensional, dimana guru masih cenderung aktif dan dominan dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, informasi berjalan hanya satu arah dari guru ke peserta didik, sehingga peserta didik menjadi pasif dan hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru, akibatnya komunikasi peserta didik kurang berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Scramble efektif terhadap komunikasi matematis peserta didik pada materi Himpunan kelas VII Marfa’atuddiniyah Al-Islamiyah. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII di Marfa’atuddiniyah Al-Islamiyah yang terbagi menjadi empat kelas. Teknik pengambilan sampelnya yaitu Cluster Random Sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji t-test dengan uji hipotesis satu pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan rata-rata nilai hasil tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen adalah 81,6, sedangkan rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas kontrol adalah 77,8. Hasil uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t test dihasilkan thitung = 2,016 dan ttabel = 1,994 maka H0 ditolak.