Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Scramble Pada Materi Himpunan Kelas VII MTs Marfa’atuddiniyah Al-Islamiyah

Penulis

  • Indri Kurnia Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Fetty Faridatun Sholikhah Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Rosmaya Rosmaya Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Siti Maysaroh Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung
  • Khoirul Hidayah Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.177

Kata Kunci:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Sramble, Kemampuan Komunikasi

Abstrak

Komunikasi matematis peserta didik kelas VII di Marfa’atuddiniyah Al-Islamiyah masih rendah. Rendahnya komunikasi matematis tersebut disebabkan guru masih menggunakan model konvensional, dimana guru masih cenderung aktif dan dominan dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, informasi berjalan hanya satu arah  dari  guru ke peserta didik, sehingga peserta didik menjadi pasif dan hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru, akibatnya komunikasi peserta didik kurang berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Scramble efektif terhadap komunikasi matematis peserta didik pada materi Himpunan kelas VII Marfa’atuddiniyah Al-Islamiyah. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII di Marfa’atuddiniyah Al-Islamiyah yang terbagi menjadi empat kelas. Teknik pengambilan sampelnya yaitu Cluster Random   Sampling.   Data   dalam   penelitian   ini   dikumpulkan   dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji t-test dengan uji hipotesis satu pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan rata-rata nilai hasil tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen adalah 81,6, sedangkan rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas kontrol adalah 77,8. Hasil uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t test dihasilkan  thitung = 2,016 dan ttabel = 1,994 maka H0 ditolak.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-23

Cara Mengutip

Kurnia, I., Faridatun Sholikhah, F., Rosmaya, R., Maysaroh, S., & Hidayah, K. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Scramble Pada Materi Himpunan Kelas VII MTs Marfa’atuddiniyah Al-Islamiyah. BIOFISMA: Jurnal Riset Pendidikan, 2(3), 92–136. https://doi.org/10.47902/biofismajurnalrisetpendidikan.v2i3.177