Proses Sosialisasi Nilai Islam Melalui Influencer Digital: Studi Kualitatif pada Generasi Z

Authors

  • Abdi Hariawan Akbar sekolah tinggi ilmu tarbiyah madani yogyakarta
  • Riky Supratama

Keywords:

digital influencer, Islamic values, Generation Z, religious socialization, Islamic education

Abstract

Studi ini menyelidiki bagaimana influencer digital berfungsi sebagai agen sosialisasi agama dan internalisasi nilai-nilai Islam di kalangan Generasi Z di Indonesia. Seiring dengan semakin bergantungnya generasi muda pada media sosial untuk mendapatkan wawasan, motivasi, dan bimbingan spiritual keagamaan sehari-hari, memahami pergeseran dari otoritas keagamaan tradisional menjadi figur digital yang berpengaruh menjadi krusial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana influencer mengkonstruksi dan mengomunikasikan pesan-pesan Islam dan bagaimana pesan-pesan ini membentuk pembelajaran, interpretasi, dan penguatan pendidikan agama Islam (PAI) di kalangan Generasi Z. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi mendalam terhadap konten media sosial dan wawancara dengan tiga pengikut Generasi Z dan satu influencer konten Islam, kemudian dianalisis secara iteratif melalui reduksi data, kategorisasi, dan interpretasi. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa influencer digital berkontribusi signifikan terhadap perluasan pengetahuan agama, peningkatan motivasi beribadah, dan memengaruhi praktik keagamaan sehari-hari melalui konten yang menarik secara visual, bahasa yang relevan, dan narasi yang berdampak emosional. Meskipun Generasi Z tidak memposisikan influencer sebagai otoritas keagamaan utama, mereka mengakui peran mereka sebagai sumber pemahaman pelengkap yang mendukung pembelajaran formal dan tradisional. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa para pemengaruh digital membentuk pola baru sosialisasi keagamaan yang ditandai oleh penciptaan makna secara kolaboratif, otoritas hibrida, dan keterlibatan keagamaan yang dipersonalisasi, yang menyoroti pentingnya memperkuat literasi agama digital dan mempromosikan konten Islam yang akurat dan berorientasi pada kaum muda di lingkungan daring.

References

Anisatul Luthfia. (2024). Peran Media Sosial terhadap Pengetahuan Keagamaan Remaja Muslim. Moral : Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 117–124. https://doi.org/10.61132/moral.v2i1.529

Campbell, H. A., & Tsuria, R. (2021). Digital Religion. In Digital Religion. https://doi.org/10.4324/9780429295683

Dasuki, M. (2024). Integrasi Spiritualisme Dalam Pembelajaran Berbasis Digital Di Era Revolusi 5.0. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 238–250. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i1.1135

Evolvi, G. (2022). Religion and the internet: digital religion, (hyper)mediated spaces, and materiality. Zeitschrift Für Religion, Gesellschaft Und Politik, 6(1), 9–25. https://doi.org/10.1007/s41682-021-00087-9

Fadilla, S., & Isma Indriyani, P. (2025). When Algorithms Shape Trust: The Capitalist Transformation of Digital Islamic Da’wah in Indonesia. Surau Journal of Islamic Studies, 1(2), 86–103. https://doi.org/10.63919/surau.v1i2.34

Ferlitasari, R., . S., & Rosana, E. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja. Socio Religia, 1(2). https://doi.org/10.24042/sr.v1i2.8435

Fitriansyah, N., & Lubis, T. (2023). Mediating Alghorithm Mediating Da’wa: The New Preacher and Optimization of Social Media for Da’wa in the Case of Habib Ja’far. Jurnal Penelitian, 1–12. https://doi.org/10.28918/jupe.v20i1.1092

Karimatul Ma’rifat, A. (2025). Mrs Fenomena Influencer Muslim dan Otoritas Penafsiran Al-Qur’an di Era Digital. Jurnal Pusaka, 15(1), 52–61. https://doi.org/10.35897/ps.v15i1.1965

Liu, Z., Ghouri, A. M., Wang, J., & Lin, C. (2025). Digital religion and Generation Z: an empirical study in the context of China. Frontiers in Psychology, 16. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2025.1536644

Margana, I., Aliyudin, M., & Wahyudin, A. (2025). Strategi Kreatif Content Creator Dalam Dakwah Di Media Sosial (Studi Etnografi Virtual Akun Instagram @alfatahar_). Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 10(1), 37–54. https://doi.org/10.15575/tabligh.v10i1.39034

Missier, C. A. (2025). A Qualitative Study of Digital Religious Influence: Perspectives from Christian, Hindu, and Muslim Gen Y and Gen Z in Mumbai, India. Religions, 16(1). https://doi.org/10.3390/rel16010073

Putri Zulaikha, & Bashori. (2025). Pengaruh Influencer Keagamaan terhadap Perubahan Gaya Hidup Religius Generasi Z: Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(6), 648–668. https://doi.org/10.71282/jurmie.v2i6.528

Said Aqil Hasan, M., & Hakim, F. (2025). Peran Media Sosial Sebagai Sumber Belajar Pai. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 7(2), 424–439. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v7i2.2209

Sirun, A. K., & Surawan, S. (2025). Konsumsi Konten Dakwah Digital Dan Kesejahteraan Spiritual Mahasiswa: Kajian Empiris Di Kalangan Generasi Z. Indonesian Journal of Islamic Studies (IJIS), 1(2), 220–226. https://doi.org/10.62567/ijis.v1i2.905

Untari, P. H. (2025). Data APJII: Pengguna Internet di Indonesia Tembus 229,43 Juta Orang pada 2025. https://teknologi.bisnis.com

Zaid, B., Fedtke, J., Shin, D. D., El Kadoussi, A., & Ibahrine, M. (2022). Digital Islam and Muslim Millennials: How Social Media Influencers Reimagine Religious Authority and Islamic Practices. Religions, 13(4). https://doi.org/10.3390/rel13040335

Downloads

Published

05-12-2025

How to Cite

Abdi Hariawan Akbar, & Riky Supratama. (2025). Proses Sosialisasi Nilai Islam Melalui Influencer Digital: Studi Kualitatif pada Generasi Z. Al-Akmal: Jurnal Studi Islam, 4(2), 34–46. Retrieved from https://journal.iaidalampung.ac.id/index.php/al-akmal/article/view/446