Pemikiran Aisyah Binti Abu Bakar Tentang Peran Perempuan Dalam Pendidikan Islam: Relevansi Dengan Isu Kesetaraan Gender Kontemporer
Keywords:
Aisyah, Pendidikan Islam, Kesetaraan Gender, Pembelajaran PAI, MadrasahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran Aisyah binti Abu Bakar tentang peran perempuan dalam pendidikan Islam serta relevansinya dengan praktik pembelajaran dan isu kesetaraan gender kontemporer di Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Bantul, Yogyakarta. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meninjau kembali figur perempuan cendekia dalam Islam sebagai rujukan utama bagi pengembangan pendidikan yang adil dan inklusif. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi non-partisipatif dan wawancara semi-terstruktur terhadap dua mahasiswa PPL serta observasi lapangan pada dua lingkungan madrasah yang terpisah berdasarkan gender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI di MI Jamilurrahman telah berjalan baik dalam aspek penanaman nilai keislaman, namun metode yang digunakan masih dominan ceramah dan belum sepenuhnya mendorong partisipasi aktif siswa. Di lingkungan putri, interaksi guru–siswi berlangsung hangat dan adil, sedangkan di lingkungan putra suasana belajar lebih formal dengan kecenderungan perhatian lebih kepada siswa yang aktif. Dalam kegiatan tertentu, pola pembagian peran tradisional berbasis gender masih terlihat, meskipun tidak bersifat diskriminatif. Temuan ini relevan dengan pemikiran Aisyah yang menegaskan bahwa perempuan memiliki ruang intelektual yang setara dengan laki-laki dan berhak berpartisipasi aktif dalam proses pendidikan. Penelitian menyimpulkan bahwa penerapan nilai kesetaraan gender dalam pendidikan Islam perlu memperhatikan keseimbangan antara nilai adab, keadilan, dan inovasi pedagogis berbasis keteladanan sahabiyah.
References
Abdulsalam Othman, Sameera, Kurdistan M. Taher Omar, Kurdistan MTaher Omar, and Sadeq Taha Abdulazeez. 2023. “Article History Article.” Publication Issue 72(2):161–77. http://philstat.org.ph.
Abdurrahman, Jawad Musyaffa, Sekolah Tinggi, Ilmu Tarbiyah, and Adi Haironi. 2024. “Efektivitas Metode Muroja ’ Ah Dalam Menghafal Al- Qur ’ an Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.” 2(4).
Amali, Subhi, and Andewi Suhartini. 2024. “Pembebasan Kaum Perempuan Dalam Tradisi Pendidikan Islam: Analisis Historis Dan Kontemporer.” TSAQAFATUNA : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 6:44–53. doi:10.54213/tsaqafatuna.v6i1.391.
Girls’ Education and Islam: A Divine Command with Historical Precedent 1. n.d.
Hedayati, Alialhadi. 2023. “Women’s Education from the Perspective of Islam and Consequences of Restrictions on Women Education in Afghanistan.” Sprin Journal of Arts, Humanities and Social Sciences 2(08):1–9. doi:10.55559/sjahss.v2i08.125.
Inclusion in education | UNESCO. n.d. Retrieved November 2, 2025. https://www.unesco.org/en/inclusion-education.
Ireiqat, Noha. 2015. “Ideologies in the Middle East: Is It Conservatism, Modernism, or Liberalism.” Journal of Education and Human Development 4(4):1–4.
Kusmardani, Alex, Siah Khosyi’ah, Oyo Sunaryo Mukhlas, Nurrohman Nurrohman, and Usep Saepullah. 2023. “The Development of Ideas on The Reform and Transformation of Islamic Family Law Into Legislation in Islamic Countries.” JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan 4(5):644–62. doi:10.36418/syntax-imperatif.v4i5.296.
Mehfooz, Musferah. 2021. “Women and Ḥadīth Transmission: Prolific Role of Aisha in Validation and Impugnment of Prophetic Traditions.” Al-Bayan: Journal of Qur’an and Hadith Studies 19(2):200–227. doi:https://doi.org/10.1163/22321969-12340099.
Nations, United. 2024. “The Sustainable Development Goals Report.” United Nations 26–27. https://unstats.un.org/sdgs/report/2021/#.
Ngabdul, Eko, Rudi Nur, Nurul Hidayat, and Fais Maftuch. 2024. “Implementation of Madrasa Curriculum Based on Islamic Boarding School at Al i ’ Tisham Wonosari.” 3(3):91–97.
Rohmah, Sakilatur, and Iqbal Amin. 2025. “Women Empowerment in Islamic Educational Institutions.” 4(2):254–66. doi:10.38073/aljadwa.v4i2.2533.
Suwardi, Sri W. Anitah, Muhammad Akhyar, and Asrowi. 2017. “Gender Bias in Islamic Textbooks for Muslim Children in Indonesia.” Attarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education 214(2):215. doi:10.18326/attarbiyah.v2i2.214-235.
Tidjani, Aisyah. n.d. “‘ Ā Ishah Binti Ab ū Bakr r.a. Wanita Istimewa Yang Melampaui Zamannya.”
Wihdatul Muna, Maidah, Firdaus Khusen Alchays, and Kholid Mawardi. 2025. “From Aisha to Fatima Al-Fihri: Deconstructing Masculine Narratives in Classical Islamic Historiography.” Edu Global : Jurnal Pendidikan Islam 6(1):20–27. doi:10.56874/eduglobal.v6i1.2140.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

