ANALISIS NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM SERIAL ANIMASI NUSSA: KAJIAN KRITIK EDUKASI ISLAMI KONTEMPORER
Indonesia
Keywords:
Nussa dan Rara, Pendidikan Islam, Nilai Edukatif, Kritik Edukasi Islami, Media DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai edukatif dalam serial animasi Nussa dan Rara melalui perspektif kritik edukasi Islami kontemporer. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kebutuhan akan inovasi pendidikan Islam di era digital, di mana media visual menjadi sarana efektif dalam menanamkan nilai moral dan spiritual kepada anak-anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data utama diperoleh dari sejumlah episode Nussa dan Rara, seperti “Mimpi”, dan “Mengenal Ka’bah”, sedangkan data sekunder berasal dari jurnal dan literatur pendidikan Islam. Analisis dilakukan menggunakan metode content analysis untuk menafsirkan pesan dan makna nilai keislaman yang tersirat dalam tayangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serial ini berhasil mengintegrasikan empat kategori nilai utama akidah, ibadah, akhlak, dan sosial ke dalam narasi yang ringan dan menarik bagi anak-anak. Tayangan ini bukan hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai media dakwah dan pendidikan yang mampu menumbuhkan karakter Islami secara kontekstual di tengah budaya digital.
References
Fadilla, N., Sari, I. Y., Arafah, F., & Azmi, N. N. (2023). Peranan Media Animasi Interaktif Untuk Mengenalkan Nilai-Nilai Keagamaan Di Sekolah Dasar. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 1–17.
Gustami, H., & Saputra, E. (2025). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak bagi Anak dalam “Serial Animasi Nussa dan Rara” pada Episode “Kamu… Antta.” YASIN: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 5(4), 2441–2466. https://doi.org/10.58578/yasin.v5i4.5749
Hadian, D. B. S. (2024). Integrasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Ektrakurikukler Hizbul Wathan di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Hawari, M. F. A., Istiqomah, T. I., & Bakar, M. Y. A. (2024). Tujuan Pendidikan dalam Perspektif Islam. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3c), 1108–1124.
Hermawan, N. F. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pengajaran Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Islam (Kajian Literatur). EL WAHDAH, 6(1), 157–191.
Ibrahim, M., Islam, S., Zohriah, O., & Azid, M. (2024). Addressing contemporary ethical and moral issues through islamic education. Journal on Islamic Studies, 1(1), 36–51. https://doi.org/10.35335/kbbzar83
Ilyas, M. (2024). Paradigma Tradisionalisme, Modernisme, dan Postmodernisme dalam Pendidikan Agama Islam: Dari Ulumuddin ke Dir? Sah Islamiyah hingga Kajian Multidisipliner. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(11), 4003–4008.
Judijanto, L., & Arwen, D. (2025). A Bibliometric Review of Islamic Pedagogy in Modern Educational Systems. The Eastasouth Journal of Learning and Educations, 3(01), 28–41. https://doi.org/10.58812/esle.v3i01.498
Kebumen, D. M. I. N., Fadilah, L. A., Kurniawan, B., & Trisnawati, O. R. (2022). Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa ISSN : 2829-5072 Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa ISSN : 2829-5072. 1(55), 381–391.
Kurniawan, M. A., & Puspitasari, E. (2025). METAMORFOSISI SANTRI DIGITAL: TRANSFORMASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING MELALUI PODCAST INTERAKTIF PESANTREN MODERN. Indonesian Society and Religion Research, 2(2). https://doi.org/10.61798/isah.v2i2.249
Lestari, L. P., Sukardi, I., & Astuti, M. (2024). Pemikiran Kritisisme dan Reformisme Kontemporer dalam Teori Pendidikan Islam Kontemporer. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 474–480.
Muhammad Hafizd Fauzi, Salwa Salsabila, Aghnia I’lmi Diniyati, Annisa Rizki Pebriani, Raden Ayu Intan Fithriya, & Edi Suresman. (2025). Integrasi Nilai Islam dan Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi dalam Perspektif Akademik dan Keagamaan. Reflection : Islamic Education Journal, 2(2), 186–196. https://doi.org/10.61132/reflection.v2i2.771
Mulyani, Z., Mardiana, T., & Triana, P. M. (2022a). Analisis Nilai Moral dalam Serial Animasi Nussa Rara dan Relevansinya dengan Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan (JIK), 16(2), 216–223. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i2.13362
Mulyani, Z., Mardiana, T., & Triana, P. M. (2022b). Analisis Nilai Moral Dalam Serial Animasi Nussa Rara Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 16(2), 32. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i2.13362
Puspitasari, E., Anwar, M., Umam, L. H., Asih, S. W., Khoiri, K., Kawijaya, J., Hadijah, & Mu’awanah, N. (2025). Pemberdayaan Anak di Sanggar Pusaka Bantul Melalui Game-Based Learning dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 81–94. https://doi.org/10.32332/d1d3q688
Puspitasari, E., & Rusmalinda, R. (2025). DIGITAL LITERACY AND LEARNING MOTIVATION: A QUALITATIVE EXPLORATION OF THEIR IMPACT ON WRITING ABILITIES.
Qodriyah, S. L. (2021). Youtube sebagai Media Dakwah di Era Milenial (Channel Nussa Official). Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 1(2).
Rafiuddin, C. Asri Budiningsih, Suwarjo, Megawati, Puspitasari, E., & Harefa, E. (2024). Development of a Social Sciences Learning Model Based on Local Wisdom Pangngadakkang Tupanrita by Utilizing Digital Resources to Improve Prosocial Behavior of Elementary School Students South Sulawesi Province, Indonesia. Revista de Gestão Social e Ambiental, 18(8), e05186. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n8-062
Ramadhan, M. J. (2025). Studi tentang Efektivitas Pembelajaran Akhlak Berbasis Nilai-Nilai Islam dalam Membangun Karakter Siswa. Islamic Education and Intellectual Discourse, 1(1).
Safitri, N. Z., Muallimah, & Arsam. (2025). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Serial Animasi Nussa dan Rara. Religi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1–10.
Said, G. H. N., & Badruzzaman, A. (2025). Implementasi Kurikulum Keagamaan Islam dalam Kebijakan MBKM: Kajian Konseptual Integratif. Jurnal Ar-Ruhul Ilmi: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(02), 11–24.
Sulaiman, H., & Musthofa, F. A. (2023). Nilai-Nilai Edukatif Menurut Al-Qur’an Surat Al-‘Alaq 1-5 (Kajian Ilmu Pendidikan Islam). Masagi, 2(1), 317–324. https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.578
Yoseph Salmon Yusuf, & Nur Ali. (2025). Strategi Pembelajaran Integratif di Pesantren Dengan Menggabungkan Tradisi dan Modernitas. Journal of Islamic Education Studies, 3(2), 173–180. https://doi.org/10.58569/jies.v3i2.1164
Zulkifli, Samad, D., Mamad, F. S., & Kurnia, A. (2025). Jejak Sejarah Sosial Pendidikan Islam Anak di Indonesia: Kajian Nilai Edukatif Antar Zaman. Jurnal Al-Muta’aliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 129–138. https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v5i2.1140
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

