Manajemen Strategis Guru Dalam Membentuk Karakter Islami Anak
DOI:
https://doi.org/10.47902/al-akmal.v3i2.315Keywords:
Manajemen Strategis, Karakter Islami, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini menegaskan bahwa manajemen strategis guru di TK Pertiwi Adirejo berperan penting dalam membentuk karakter Islami anak usia dini melalui tahapan perencanaan, implementasi, serta evaluasi dan refleksi yang terstruktur. Perencanaan dilakukan secara sistematis dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islami ke dalam program pembelajaran dan kegiatan pembiasaan. Implementasi strategi diwujudkan melalui keteladanan, metode pembelajaran yang kontekstual, serta penciptaan lingkungan belajar yang mendukung internalisasi nilai-nilai Islam. Evaluasi dan refleksi dilakukan secara berkelanjutan oleh guru dan pihak sekolah untuk menilai efektivitas strategi serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi. Dengan pendekatan yang kolaboratif dan adaptif, pendidikan karakter Islami di TK ini mampu memberikan fondasi moral dan spiritual yang kuat bagi perkembangan anak.
References
Achmad, F., Al Hadad, B., & Rasyid, M. (2022). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Religius Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Manurung Goto Tidore Kepulauan. JURNAL ILMIAH CAHAYA PAUD, 4(2), 63–75. https://doi.org/10.33387/cp.v4i2.5182
Addawiyah, R., & Kasriman, K. (2023). Peran Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5837
Agustiandi, F., Suratno, S., & Indryani, I. (2022). Evaluasi Model CIPP Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Kompetensi Keahlian Multimedia. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 15(2), 116–133. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v15i2.2120
Badri, H. A., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2023). Landasan Teori Pendidikan Karakter. 8(1).
Badriah, E. R., & Fitriana, W. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Melalui Homeshooling Di Kancil Cendikia. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i1.54
Budi Raharjo, A. (2023). SUPERVISI PENDIDIKAN Fungsi Kepemimpinan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu. Samudra Biru.
Dewi, L., & Fauziati, E. (2021). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 163–174. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1207
Faizah, U. (2019). Model Asesmen Otentik untuk Menilai Capaian Karakter di Taman Kanak-Kanak Raudlatul Athfal. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 4(1), Article 1.
Fathoni, T. (2023). Mengintegrasikan Konsep Vygotsky dalam Pendidikan Islam: Upaya Orang Tua dalam Memaksimalkan Potensi Anak. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), Article 1.
Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
J. Setiadi, N. (2023). Manajemen Strategis Teori dan Implementasi. Prenada Media.
Kurniyati, E., & Basyit, A. (2021). PROGRAM EMOTIONAL SPIRITUAL ACHIEVEMENT (ESA) DALAM MEMBENTUK POLA PIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KOTA TANGERANG SELATAN. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 17(2). https://doi.org/10.31000/rf.v17i2.5059
Mainuddin, M., Tobroni, T., & Nurhakim, M. (2023). Pemikiran Pendidikan Karakter Al-Ghazali, Lawrence Kolberg dan Thomas Lickona. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 283–290. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.563
Muhammad, F., & Luthfiyah. (2018). Metodologi penelitian: Penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327
Ningrum, E. A. S. L., & Harmanto, H. (2021). STRATEGI SEKOLAH DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMPN 1 JABON SIDOARJO: STRATEGI SEKOLAH DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMPN 1 JABON SIDOARJO. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 9(1), 188–202. https://doi.org/10.26740/kmkn.v9n1.p188-202
Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120
Pudjiarti, E. S. (2023). Transformasi Organisasi: Membangun Kultur Pembelajaran untuk Menghadapi Tantangan Masa Kini. BADAN PENERBIT STIEPARI PRESS, 1–87.
Ridho, M. A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Efektif di Sekolah Dasar. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 3(2), 114–129. https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p114-129
Rohman, M. A. A. (2019). Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama (SMP) (Teori, Metodologi dan Implementasi). 11(2).
Simarmata, H. D. (2018). Pendidikan Karakter melalui Metode Refleksi. Jurnal Pendidikan Penabur, 31(17), 71–82.
Sudirman, S., Ernawati, S., Justin, W. O. S., Amiruddin, A., & Malik, A. (2022). Lingkungan Pengasuhan dan Tingkat Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun. JSHP : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 6(2), Article 2.
Sutiawan, I. (2023). Perencanaan Sistem Pendidikan Agama Islam. GUEPEDIA.
Tarigan, M. H., & Ginting, A. H. (2020). MODEL ORGANISASI SEKRETARIAT DEWAN DALAM MENDUKUNG OPTIMALISASI FUNGSI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) DI PROVINSI LAMPUNG. J-3P (Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan), 51–66. https://doi.org/10.33701/j-3p.v5i1.1003
Taulabi, I., & Mustofa, B. (2019). Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(1), Article 1.
Warmansyah, J., Utami, T., Faridy, F., Syarfina, Marini, T., & Ashari, N. (2023). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Bumi Aksara.
Widiastuti, E., Tegeh, I. M., & . P. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/paud.v6i2.15314
Wulandari, W. (2022). PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL “GEMPURAN.” Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(2), 56. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i2.924
Yamaidi, H., Idris, I., & Anwar, K. (2020). Manajemen Strategik Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren Syekh Burhanuddin Kuntu Kecamatan Kampar Kiri. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), Article 02. https://doi.org/10.30868/im.v3i2.741
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.