PERAN USTADZ USTADZAH DALAM MEMBINA KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN SANTRI DI TPQ AL KAROMAH JREBENGKEMBANG
Abstract
Abstrak
TPQ Al Karomah memiliki delapan tingkatan jilid sedangkan hanya terdapat lima ustadz/ustadzah, artinya terdapat ustadz/ustadzah yang melakukan pembelajaran kelas rangkap, dari sini penulis ingin membahas tentang peran ustadz/ustadzah dalam membina kemampuan membaca Al Qur'an dalam pembelajaran kelas rangkap dan metode yang digunakan oleh ustadz/ustadzah. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran ustadz/ustadzah, apakah memiliki peran yang baik dan menggunakan metode yang tepat. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, kemudian untuk mencari sumber data, penulis melakukan teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara kepada Kepala TPQ dan ustadz/ustadzah yang mengajar di TPQ tersebut. Adapun teknik analisis data yang dilakukan penulis yaitu teknik analisis data lapangan. Dalam analisis data di lapangan, peneliti menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.