PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS ARAB KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH SEKAMPUNG TAHUN 2015
Keywords:
Media, Membaca, Pembelajaran Bahasa ArabAbstract
Abstrak
Penggunaan Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas VII MTs. Muhammadiyah Sekampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media komik berperan dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Sekampung.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Sekampung yang berjumlah 35 siswa. Data yang dikumpulkan berupa data observasi siswa dan nilai pre-test dan post-test siklus I dan siklus II. Data aktivitas siswa diambil dengan cara observasi dan dianalisa secara deskriptif dengan memaparkan presentase kegiatan pembelajaran di kelas. Data kemampuan membaca siswa diambil dengan pre-test dan post-test siklus I dan siklus II kemudian ditabulasikan dalam rata-rata kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik dapat diterapkan pada pembelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Sekampung. Pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan komik ini berperan dalam meningkatan kemampuan membaca bahasa Arab siswa dengan adanya nilai post-test siklus I adalah 81,71 dan post-test siklus II adalah 85,14. Sedangkan peningkatan kemampuan membaca siswa sebesar 9,8 % yang diperoleh dari selisih antara nilai rata-rata post-test siklus I dan nilai rata-rata post-test siklus II.